Resep Udang Bakar Bumbu Makasar ~ Mother Wise

Monday, March 23, 2020

Resep Udang Bakar Bumbu Makasar


Halo teman-teman, beberapa resep masakan ini saya dapatkan dari pembelajaran secara langsung, dari kumpulan media cetak serta kreasi masakan saya sendiri. Resep-resep ini saya kumpulkan sebagai bahan saya untuk menyayangi orang yang saya cintai dengan masakan-masakan yang menggugah selera.

Bahan

  • 6 bh udang besar, bersihkan, belah perut hingga melebar
  • 1 bh jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm kecap asin
  • 2 sdm minyak sayur
  • 3 sdm air panas
Bumbu yang dihaluskan
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 cm kunyit
  • 3 lbr daun jeruk purut
  • 5 bh cabai kering keriting
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica butir
Sambal:
  • 250 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa parut
  • 8 bh belimbing wuluh, iris melintang tipis
Bumbu yang dihaluskan
  • 100 gr kacang tanah sangrai
  • 3 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt terasi
Cara Membuat:
  1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata, diamkan selama 15 menit, sisihkan
  2. Campur kecap, minyak, air panas, dan bumbu halus, aduk rata. Olesi udang dengan campuran bumbu hingga rata. diamkan selama 10 menit. panggang diatas bara api sambil sesekali dioles dengan bumbu hingga kedua sisinya kecokelatan dan matang, angkat. sajikan dengan sambalnya
  3. Sambal: rebus santan bersama bumbu halus, aduk rata hingga mendidih. Masukkan belimbing, aduk kembali hingga rata dan santan mengering, angkat.

 

0 comments:

Post a Comment