Wise Woman: 4 Wanita dalam silsilah Tuhan Yesus ~ Mother Wise

Friday, June 10, 2016

Wise Woman: 4 Wanita dalam silsilah Tuhan Yesus



    Tidak ada seorang pun yang merencanakan hidupnya menjadi buruk atau terbuang di dalam masyarakat sejak ia lahir. Setiap orang ingin menikmati hidup yang penuh dengan kebaikan dan penghormatan. Namun apa jadinya jika semuanya itu tidak dapat kita raih ? Malahan hal terburuk menimpa hidup kita dan kita merasa ini adalah takdir dala hidupku yang harus kita terima.
Alkitab dalam Matius 1 mencatat daftar silsilah Yesus Kristus yang ditulis oleh seorang murid Yesus bernama : Matius yang pekerjaan dahulu adalah pemungut cukai. Dalam catatannya itu, ia mencatumkan 4 nama wanita :

Ke-4 wanita tersebut memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda satu sama lainnya termasuk pekerjaan mereka.

Tamar
Kejadian 38 mencatat siapa Tamar ? Ia seorang wanita Kanaan. Salah satu bangsa yang tinggal di Kanaan , Tanah Perjanjian. Ia menjadi menantu dari Yehuda. Ia sudah menjanda 2 x dalam usia yang muda. Semua karena dosa yang dibuat oleh suaminya.
Hingga akhirnya ia menjebak ayah mertuanya untuk tidur dengannya. Apa yang ia lakukan adalah dosa di mata tuhan bahkan buat masyarakat pada saat itu sampai ia hendak dirajam sampai mati. Tetapi Yehuda menyatakan bahwa ini kesalahannya karena tidak memberikan Syela, anakna kepada Tamar.
Akhirnya garis keturunan Yehuda yang berasal dari Tamar inilah yang Tuhan pakai bagian untuk ambil bagian dalam kedatangan Mesias, Yesus Kristus.

Rahab
Yosua 3 mengungkapkan siapa sebenarnya Rahab. Ia seorang perempuan sundal – pelacur atau saat ini dikenal PSK ( Pekerja Seks Komersial). Saat Israel mulai masuk ke tanah Kanaan setelah sekian lama mereka keluar di Mesir dan berjalan di padang gurun selama 40 tahun. Maka Tuhan menuntun mereka memasuki tanah Perjanjian.
Tembok Yerikho adalah masalah terbesar saat mereka ingin masuk Kanaan. Rahab , seorang perempuan sundal menolong dua pengintai Israel dengan jalan menyembunyikan mereka di atas rumahnya. Suatu tindakan yang amat berbahaya.

Rut
Seorang perempuan Moab mennantu dari Naomi Setelah kepulangnya dari Moab dimana ia kehilangan semuanya baik suami maupun anak-anak laki-lakinya.
Hanya Rut, menantu Naomi yang berasal dari Moab inilah yang bersikeras mengikuti dirinya pulang ke Israel. Dan kita lihat bagaimana akhir kisah ini dengan pertemuan Rut dan Boas dan akhirnya mereka menikah dan memiliki anak yang adalah kakek dari raja Daud dan termasuk dalam silsilah Mesias.

Batsyeba
Isteri Uria, salah satu dari para pahlawan Daud ( 1 Taw 11:41) dan cucu dari penasihat raja Daud, Ahitofel. Apa yang dibuat oleh dirinya adalah berzinah dengan raja Daud. Daud pun dengan tipuannya membunuh Uria dengan tugas ketentaraan. Atas tindakannya ini anak hasil perselingkuhannya mati karena Tuhan dan Tuhan memakai anak kedua Batsyeba dari Daud, yakni Salomo untuk meneruskan rantai silsilah Mesias untuk hadir ke dunia.

Dari kehidupan 4 wanita ini apa yang dapat kita pelajari :

Tuhan bisa menggunakan siapa saja untuk menjadi alatNya.
4 wanita di atas bukan siapa-siapa bahkan dapat dikatakan tidak dikenal tetapi Tuhan mengenal mereka. Banyak orang terintimidasi karena masa lalunya yang penuh dosa tetapi Tuhan kita bukanlah tuhan yang menyimpan dendam sebagaimana manusia.
1 Yoh 1:9 mengatakan bahwa jika kita mengakui dosa maka Allah akan mengampuni kita. Jadi Tuhan bias pakai siapa saja yang hatinya mau bertobat, dipulihkan dan menerima hidup baru.

Tuhan melihat hati kita bukan yang lain
Amsal 4:23 menyatakan bahwa hati kita adalah dasar dari kehidupan kita. Tuhan bukanlah seperti manusia yang melihat dari rupa tetapi Dia melihat isi hati kita.
Allah tidak peduli dengan dosa atau kesalahan Saudara yang kita pernah lakukan. Tuhan melihat hati kita ? apakah kita sadar, bertobat dan mau menerima pengampunan Tuhan. Ke- empat wanita di atas bukanlah wanita baik-baik tetapi mengapa Allah mau memakai mereka ? Itu semua karena kasih karunia Tuhan maka jika kita telah menerima kasih karunia Tuhan , kita pun wajib membagi kasih karunia Tuhan itu dengan sesama kita yang belum merasakan kasih Tuhan.

Masalah lalu bukan penghalang untuk meraih masa depan
Siapa yang bisa menyangka wanita-wanita seperti Tamar, Rahab juga Batsyeba adalah nenek moyang dari Mesias, Tuhan Yesus. Dunia boleh menatap dari luar siapa kita tapi Tuhan menilai dari dalam.
Rahab adalah seorang pelacur tetapi Allah mengasihi dia karena iman yang ia tunjukkan lewat perbuatannya menyelamatkan dua orang pengintai dan percaya Allah Israel adalah Allah yang hidup. Rut juga melakukan hal yang sama.
Siapa Saudara bukan ditentukan dari APA yang saudara miliki , tetapi SIAPA yang saudara miliki yaitu Tuhan Yesus.

Tuhan mengontrol kehidupan ini
Walaupun banyak orang menyangka Tuhan lalai tetapi ingatlah bahwa Tuhan melihat segala sesuatu dan tetap mengontol segala sesuatu. Ada istilahnya yaitu TTM ( Tuhan Tetap Memelihara / Mengontrol).
Apa yang saudara alami hari ini merupakan bagain dari hidup saudara yang panjang itu. Ini bukan akhir dari hidup saudara. Jadilah kuat karena Tuhan beserta saudara. Immanuel.

Semua demi kebaikan kita
Rasul Paulus adalah salah seorang rasul yang banyak mengalami deraan dan ujian dan penderitaan selama ia hidup mengabarkan Injil Kristus. Dalam Roma 8:28, Paulus menyatakan bahwa sekalipun Allah membawanya ke dalam penjara sekalipun, itu semua mendatangkan kebaikan bagi dirinya.
Mendapati hidup di penjara bukanlah perkara yang mudah tetapi jika di penjara bertemu dengan Yesus Kristus maka itu adalah kebaikan bagi kita.

Sebuah kebaikan yang Tuhan berikan kepada kita belum tentu dalam pandangan kita baik malahan kita anggap itu sesuatu yang jahat. Jadi marilah kita sadar bahwa apa yang kita alami dalam hidup ini seijin tuhan adalah sesuatu yang baik bagi kita.

0 comments:

Post a Comment